Karya Ilmiah adalah hasil penelitian yang disajikan dalam bentuk tertulis dan disusun secara sistematis berdasarkan kaidah ilmiah yang berlaku. Kemampuan dalam menyusun Karya Ilmiah yang terstruktur secara baik sangat diperlukan oleh seorang akademisi, salah satunya adalah guru.

Rabu (17/01/2024), Dosen Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Semarang (USM) yang tergabung dalam Tim Pengabdian kepada Masyarakat melaksanakan kegiatan Pendampingan Penyusunan Karya Ilmiah di SMK Al-Falah Winong. Kegiatan ini sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi dan tindak lanjut kerjasama antara SMK Al-Falah Winong dengan Universitas Semarang. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah melatih serta mendampingi peserta dalam penyusunan karya ilmiah sehingga guru dan siswa terbiasa berpikir ilmiah dan mampu menghasilkan karya ilmiah.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala SMK Al-Falah Winong, Muchlisin, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya, Muchlisin menyampaikan terima kasih atas terlaksana kegiatan kerjasama antara USM dan SMK Al-Falah.
“Terima kasih saya sampaikan kepada Tim PKM USM yang sudah hadir untuk merealisasikan kegiatan kerjasama ini” kata Muchlisin.
“SMK Al-Falah Winong terdapat 6 program keahlian yaitu Akutansi, Teknik Sepeda Motor, Teknik Komputer dan Jaringan, Farmasi, Teknik Pemesinan serta Teknik Kendaraan Ringan dengan jumlah siswa sekitar 2000 orang”, tambahnya.

Hadir dalam acara pembukaan, Kepala SMK Al-Falah Winong mendampingi Tim PKM USM terdiri dari Iin Irawati, S.T, M.MT (Ketua), Lila Anggraini, S.T, M.T dan Ngudi Hari Crista, S.T, MT (Anggota) serta dibantu dua mahasiswa USM Hari Catra dan Fauzi Selamet Nur Arifin.

Ngudi Hari Crista, S.T., MT., salah satu anggota Tim PKM yang juga Ketua Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik USM mengungkapkan kerjasama USM dan SMK Al-Falah Winong perlu dilanjutkan.
“Dengan potensi SMK Al-Falah Winong yang seperti ini, rasanya kerjasama dengan USM layak untuk dilanjutkan”, kata Ngudi.
“kami berharap lulusan SMK Al-Falah Winong bisa melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, dan USM siap menampung dengan fakultas dan jurusan yang ada di USM”, imbuhnya.

Selesai acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan pemaparan materi oleh Tim PKM secara bergantian. Peserta sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan narasumber dengan tanya jawab dan diskusi yang terlihat hidup.

Tim PKM menyampaikan materi dengan sangat komunikatif. Ketua Tim, Iin Irawati, ST., M.MT. mengungkapkan kemampuan yang harus dimiliki dalam penyusunan karya ilmiah.
“Kemampuan yang meliputi penyusunan kalimat terstruktur, pembuatan judul yang menarik, membuat state of the art, cara mensitasi jurnal dan penggunaan tools untuk referensi adalah kemampuan–kemampuan yang perlu dimiliki oleh Guru dalam menyusun Karya Ilmiah” tutur Iin.
“Dengan kegiatan ini diharapkan adanya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun Karya Ilmiah yang siap untuk dilombakan”, pungkasnya

Kegiatan awal ini selesai hingga sore hari, dan akan dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan penyusunan karya ilmiah yang targetnya adalah terselesaikannya karya ilmiah yang terverifikasi oleh Tim PKM USM.

Back To Top