Rembang-Infomuria.com-Ratusan warga memadati kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang pada Jum’at (15/3/2024). Mereka antri membeli kebutuhan bahan pokok yang dijual di bawah harga pasar di kegiatan penyaluran subsidi harga pangan yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Ada tiga komoditas yang dijual, yaitu beras, gula dan telur ayam. Beras ditebus dengan harga Rp. 12.500 per  kilogram, gula Rp. 15 ribu per kilogram dan telur ayam Rp. 27 ribu per kilogram.

Kabid Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Rembang, Ajeng Trenggono menuturkan kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah. Selain di kecamatan Rembang, sebelumnya juga digelar di kecamatan Sedan dan Kragan.

Kegiatan ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat untuk membeli kepokmas yang saat ini harganya cukup tinggi. Per orangnya dibatasi untuk pembeliannya.

“Ini pemerintah memberikan subsidi bantuan harga, tujuannya untuk menstabilkan harga pasar dan stok pangan. Per KTP kebijakannya beras maksimal boleh membeli 10 kilo, gula 2 kilo dan telur 2 kilo, namun karena sangat banyak yang datang maka biar merata per KTP untuk gula dan telur hanya bisa 1 kulo, ” ungkapnya.

Total yang didatangkan untuk beras 5 ton, telur 500 kg dan gula 1 ton. Persyaratan bagi yang membeli, warga menyerahkan KTP saja.

Nina  Fitriani warga Desa Waru mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini, apalagi harga lagi naik.

“Sangat membantu masyarakat, karena harga sembako saat ini mahal. Ini beli beli gula, telur, berasnya masih antri, tadi telur Rp. 27 ribu di pasaran Rp. 30 ribu, gula di pasaran Rp. 17 ribu, ini Rp. 15 ribu, ” pungkasnya.

Sumber : Humas Pemkab

Back To Top