Kudus-Infomuria.com-Setiap jenjang pendidikan Kabupaten Kudus memiliki potensi luar biasa untuk mencetak generasi penerus bangsa. Hal itu diungkapkan Penjabat Bupati Kudus Muhamad Hasan Chabibie usai mengunjungi SMP 3 Dawe, SD Muhammadiyah 1, dan SMK NU Banat, Rabu (17/1). 

“Potensi sektor pendidikan di Kudus luar biasa. Dari mulai sekolah di bawah naungan Kemendikbud, Muhammadiyah, NU, dan yayasan lainnya punya kualitas yang baik,” terangnya.

Saat mengunjungi SMP 3 Dawe, pihaknya disambut oleh siswa-siswi. Selanjutnya, Hasan memantau Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di salah satu kelas. Kebetulan, sedang ada pelajaran Bahasa Inggris. Hasan sempat mengajak berdialog menggunakan bahasa inggris dengan salah satu siswa. Pihaknya mengapresiasi keberanian siswa yang merespons dengan bahasa Inggris.

“Salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa saat ini adalah kemampuan public speaking. Kemampuan ini perlu dikembangkan untuk bekal masa depan,” paparnya.

Setelah itu, Hasan sempat meninjau laboratorium komputer. Meski jauh dari pusat kota, SMP 3 Dawe memiliki jaringan internet yang mumpuni. Pj Bupati menyatakan koneksi internet sekolah yang stabil penting untuk memfasilitasi pengajar dan murid.

“Jaringan internetnya pakai fiber optik? Berarti internetnya stabil, ya,” ucapnya. 

Usai mengunjungi SMP 3 Dawe, Pj. Bupati meninjau SD Muhammadiyah 1. Menjadi salah satu sekolah tertua yang berdiri sejak 1926, Hasan mengapresiasi semangat pendidik. Dengan penuh kesabaran, pendidik mengajar siswa-siswi SD sehingga menjadi anak berakhlak mulia. Pihaknya mengungkapkan pendidikan dasar berperan penting membentuk karakter masa depan anak. 

“Cetakan dasar pembentukan karakter anak-anak ada di sekolah dasar. Saya yakin Bapak Ibu guru sudah luar biasa bisa mendidik anak dari berbagai jenis pelajaran,” paparnya.

Sementara itu, salah satu siswa kelas 6 SD Muhammadiyah 1, Farris, bangga dan senang dapat menunjukkan kemampuan membaca puisi di depan Pj. Bupati Kudus. Pihaknya hampir tak percaya mendapat hadiah tas dari Pj. Bupati.

“Senang dan bangga bisa baca puisi di depan Pak Pj. Bupati Kudus,” ucapnya. 

Terakhir, Hasan mengunjungi SMK NU Banat. Pihaknya terkesima dengan busana rancangan siswa SMK NU Banat yang sangat baik. Pj. Bupati yakin, siswa lulusan SMK dapat berkarir maupun melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

“Luar biasa kemampuan siswa SMK NU Banat. Saya yakin, lulusan siswa SMK bisa berkompetisi di dunia kerja maupun melanjutkan ke perguruan tinggi,” ungkapnya. 

Kepala SMK NU Banat Lilik Muflikah menyampaikan terus meningkatkan kualitas, sarana prasarana sesuai standar industri. Lilik menjelaskan siswa dapat melanjutkan jenjang karir di perguruan tinggi, industri, maupun berwirausaha.

“Kami terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di SMK NU Banat,” tuturnya. 

Sumber : Humas Pemkab

Back To Top