Jepara-Infomuria.comPenjabat (Pj) Bupati Jepara H. Edy Supriyanta menerima anugerah penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar. Apresiasi itu berupa Piagam Lencana Bakti Pembangunan Desa.

Penganugerahan tersebut diberikan karena dinilai telah berkomitmen, dan berdedikasi dalam mendukung lomba desa wisata nusantara tahun ini. Piagam serta lencana bakti ini diserahkan saat malam apresiasi pemenang lomba desa wisata nusantara 2023, di Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB, Jumat (24/11).

Adanya penghargaan itu, kata Pj. Bupati Jepara kian meneguhkan semangat pemerintah daerah dalam mendorong percepatan pembangunan desa. Termasuk melalui pengembangan potensi ekonomi dan pariwisata di desa-desa, serta pemberian bantuan keuangan untuk desa wisata. “Harapannya ekonomi di desa-desa wisata ini tumbuh semakin bagus dan terus terkelola dengan baik,” ujarnya.

Pada momen tersebut, Menteri Desa PDTT turut menganugerahi penghargaan bagi Desa Wisata Plajan, Kecamatan Pakisaji. Dinobatkan sebagai pemenang lomba desa kategori tematik sosial budaya.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jepara Edy Marwoto, menjelaskan bahwa Desa Wisata Plajan banyak memiliki keunggulan. Potensinya pun punya peluang besar untuk terus dikembangkan. “Kalau dikelola dengan baik berharap nanti bisa maju dan jadi penopang terbesar pendapatan asli desa,” tuturnya.

Setelah menyandang predikat sebagai desa wisata, efek positifnya sudah banyak dirasakan oleh masyarakat setempat. Terutama pada aspek kerukunan antarumat beragama. “Makanya dari sosial budayanya mereka juara nasional,” kata dia.

Sebelumnya, penghargaan serupa juga diraih oleh Penjabat Bupati Jepara dari Kementerian Dalam Negeri. Anugerah tersebut atas prestasinya sebagai pembina desa atau kelurahan tingkat regional. Diberikan pada rangkaian pembukaan temu karya nasional di Jakarta, 15 Agustus 2023.

Sumber : Humas Pemkab

Back To Top