Jepara-Infomuria.com-Penjabat (Pj) Bupati Jepara H. Edy Supriyanta melakukan kunjungan di sejumlah tempat guna memastikan bahan kebutuhan pokok terkendali menjelang hari natal dan tahun baru 2024. Didampingi Kepala Staf Kodim 0719/Jepara Mayor Arm Syarifuddin Widianto mewakili Komandan Kodim 0719/Jepara, Kapolres Jepara yang diwakili Kabag Log Polres Jepara Kompol Suroyoto, dan sejumlah perangkat daerah terkait mengawali kunjungan di Pasar Jepara II, SPBU Mulyoharjo dan SPBE Kuwasharjo, Jumat, (22/12/2023).

“Jelang hari natal dan tahun baru 2024 kami pastikan seluruh stok baik kebutuhan pokok, BBM, dan LPG aman. Termasuk di Karimunjawa,” ucap Edy.

Edy menjelaskan memang terjadi sejumlah kenaikan di beberapa barang pokok seperti telur ayam yang semula Rp24.500 menjadi Rp26.000 juga bawang merah. Sedangkan beras menurutnya masih tergolong stabil dan belum ada kenaikan. Namun Pj Bupati berpendapat bahwa kenaikan tersebut tidak signifikan dan masih termasuk aman untuk masyarakat.

“Untuk gas lpg setiap hari agen sudah menyalurkan 2.000 tabung gas lpg tiap harinya. Kalau kurang akan ditambah 2.100 tabung per hari,” kata Edy.

Lebih lanjut, Pemerintah Kabupaten Jepara telah menyiapkan kuota lpg sebanyak 14 juta tabung di tahun 2024 nanti. Sedangkan di akhir tahun ini, stok lpg di Kabupaten Jepara menurut laporan yang diterima masih sebanyak 915.000 tabung lpg.

“Untuk BBM juga kami cek tidak ada kendala, tapi nanti jika yang di Karimunjawa mengalami kekurangan kami akan segera bersurat ke Pertamina agar diatur pendistribusiannya kesana,” tandasnya.

Terkait keamanan dan ketertiban menjelang natal dan tahun baru, Polres Jepara telah menyiapkan Operasi Lilin Candi 2023 yang akan digelar bersama instansi samping baik dari TNI, Pemerintah Daerah dan elemen masyarakat lainnya untuk mengamankan natal dan tahun baru 2024. Selain itu, Satpol PP telah mengamankan 6.899 botol minuman keras sebagai tindak pencegahan keamanan di hari natal dan malam tahun baru.

Kepala Dinas Perhubungan Ony Sulistiawan menjelaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan yang telah menyiapkan sejumlah armada bus untuk mudik gratis pada perayaan natal dan tahun baru dari Jakarta menuju sejumlah daerah di Jawa Tengah. Sedangkan sebagai antisipasi banyaknya wisatawan yang berlibur ke Karimunjawa pada akhir tahun ini, Dinas Perhubungan telah meminta tambahan kuota penyebrangan di hari Minggu dan Senin, 24 dan 25 Desember 2023.

“Cuaca hingga 28 Desember 2023 menurut prakiraan BMKG cerah semoga tidak ada kendala penyebrangan. Kita menambah 1 kapal per hari di hari Minggu dan Senin,” imbuhnya. 

Sumber : Humas Pemkab

Back To Top