Rembang-Infomuria.com-Pemkab Rembang Ajukan Tiga Sekolah Ikuti Seleksi ASEAN Eco School 2027

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang mengusulkan tiga sekolah untuk mengikuti seleksi ASEAN Eco School tahun 2027. Ketiga sekolah yang diajukan adalah SMPN 1 Kaliori, SMPN 1 Lasem dan SMPN 3 Lasem.

Menurut Penyuluh Lingkungan Hidup Ahli Muda DLH Kabupaten Rembang, Rudi Setijawan, ASEAN Eco-school adalah program yang memfasilitasi sekolah untuk berperan dalam melestarikan lingkungan di tingkat Asia Tenggara. Untuk dapat mengikuti ASEAN Eco School, sekolah disyaratkan pernah meraih penghargaan lingkungan Adiwiyata tingkat mandiri.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rembang telah memberikan pendampingan dan pembinaan kepada ketiga sekolah tersebut sebagai persiapan menghadapi seleksi. Mereka akan bersaing dengan sekolah-sekolah lain dari seluruh Indonesia untuk lolos ke ASEAN Eco School 2027.

“Dalam lomba ASEAN Eco School itu setiap negara hanya berhak mengajukan dua sekolah saja. Jadi dari seluruh sekolah di Indonesia, KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) hanya mengambil dua, perwakilannya yang lolos cuma dua, ” jelasnya

Rudi menjelaskan bahwa setiap negara hanya dapat mengajukan dua sekolah dalam ASEAN Eco School. Oleh karena itu, KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) hanya akan memilih dua sekolah perwakilan yang berhasil lolos dari seluruh sekolah di Indonesia.

DLH sedang mempersiapkan ketiga sekolah ini untuk memenuhi enam indikator penilaian, termasuk kebersihan, sanitasi, konservasi air, konservasi energi, pengelolaan sampah dan inovasi. Enam aspek tersebut tidak hanya terbatas di sekolah, tetapi juga bersifat global, mencakup kerjasama dengan obyek wisata, pemerintah atau lembaga di luar sekolah.

“Terkait kegiatan dari enam aspek itu nanti sifatnya tidak hanya di sekolahan saja tetapi global. Global dalam artian mencakup juga lingkungan sekitar, mungkin bekerjasama dengan obyek wisata, pemerintah atau lembaga di luar sekolah, ” imbuhnya.

Selain pembinaan, DLH akan berusaha agar ketiga sekolah ini dapat mengikuti pembinaan dari KLHK. Mereka juga berharap agar tiga sekolah asal Rembang ini dapat melakukan studi ke salah satu sekolah yang pernah meraih penghargaan ASEAN Eco School, untuk mempersiapkan diri secara maksimal.

Sebagai informasi, pada tahun 2019, SMKN 1 Adiwerna Kabupaten Tegal dan SMPN 10 Kota Malang berhasil meraih penghargaan ASEAN Eco School 2019. Sementara itu, pada tahun 2023, SMPN 2 Kota Cilegon dan SMAN 1 Ajibarang Banyumas juga sukses meraih penghargaan dalam ajang yang digelar setiap empat tahun sekali tersebut.

Sumber : Humas Pemkab

Back To Top