Pati-Infomuria.com-Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menghadiri penyerahan penghargaan pemenang lomba inovasi daerah Kabupaten Pati tahun 2023 di Ruang Pragolo, Rabu (20/12).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Sekda Pati, Kepala Bappeda Kabupaten Pati, Asisten Pemerintahan, Kepala Perangkat Daerah, Kepala UPT di Kabupaten Pati, Camat se-Kabupaten Pati, dan hadirin para undangan.

Pj Bupati Pati mengapresiasi kepada pemenang lomba dan seluruh para OPD dan UPT di Kabupaten Pati yang telah mengirimkan inovasinya ke Kemendagri.

“Saya sangat mengapresiasi dan merasa bangga terhadap Perangkat Daerah, UPTD RSUD dan Puskesmas serta ASN yang membuat Inovasi Daerah, mencukupi 20 data dukung indikator Inovasi Daerah dan mencukupi bobot kematangan Inovasi Daerah minimal 80 dan mengirimkan Inovasinya ke Kemendagri,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa atas prestasi Kabupaten Pati sebagai Kabupaten Sangat Inovatif maka mendapatkan penghargaan dari Kemendagri pada acara Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023 pada 12 Desember 2023 di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri yang diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pati.

Henggar mengatakan, untuk mempertahankan Kabupaten Pati sebagai Kabupaten Sangat Inovatif atau bahkan untuk menjadikan Kabupaten Pati sebagai Kabupaten Terinovatif di tahun 2024, semua Perangkat Daerah termasuk Kecamatan, seluruh UPTD di Kabupaten Pati termasuk UPTD RSUD, Puskesmas dan SMP Negeri wajib mengirimkan minimal 2 (dua) Inovasi Daerah ke Kemendagri dengan bobot kematangan minimal 90.

“Saya berharap, dengan diselenggarakannya Lomba Inovasi Daerah ini akan mendorong dan menumbuhkan semangat Perangkat Daerah dan UPTD untuk selalu berinovasi baik dalam rangka peningkatan pelayanan publik maupun peningkatan daya saing daerah karena tujuan dari inovasi adalah untuk meningkatkan kinerja Pemerintahan Daerah,” tegasnya.

Tak lupa ia mengucapkan selamat bagi para pemenang Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Pati Tahun 2023. Inovasi Daerah yang telah dihasilkan Perangkat Daerah dan UPTD agar selalu ditingkatkan baik secara kualitas maupun kuantitasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Pati Muhtar menyampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan kinerja daerah, pemerintah memiliki parameter utamanya.

“Sejauh mana daerah tersebut memiliki pembaharuan inovasi. Bahwa hari ini Bappeda menyelenggarakan penyerahan Lomba Inivasi Daerah Kabupaten Pati tahun 2023,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa setiap OPD dan UPT wajib melakukan inovasi minimal 1 dalam setiap tahun, kemudian atas dasar tersebut Bappeda Kabupaten Pati juga telah memfasilitasinya, dengan 108 inovasi yang ada di kabupaten yang telah dibuat oleh OPD dan UPT. Akan tetapi yang dapat masuk di Kemendagri 68 inovasi

Sumber : Humas Pemkab

Back To Top