Pati-Infomuria.com-Penjabat Bupati Pati Henggar Budi Anggoro bersama Pj.Ketua TP PKK Kabupaten Pati Faisa Henggar menghadiri apel Hari Santri Nasional 2023 di Madrasah Aliyah (MA) Silahul Ulum Desa Asempapan Kecamatan Trangkil. Minggu (22/10/2023).

Apel Hari Santri yang dilaksanakan di halaman madrasah tersebut diikuti oleh Forkopimcam Trangkil serta ratusan santri dari berbagai jenjang sekolah.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menerangkan, bahwa sesuai Keputusan Presiden (Keppres) nomor 22 tahun 2015 telah menetapkan bahwa pada tangga 22 Oktober sebagai Hari Santri.

Penetapan tersebut merujuk pada tercetusnya Resolusi Jihad yang berisi fatwa tentang kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Sejak ditetapkan pada tahun 2015 itu, tentu kita selalu rutin menyelenggarakannya peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda. Untuk tahun 2023 ini Hari Santri mengangkat tema “Jihad Santri Jayakan Negeri” Selamat Hari Santri Nasional 2023,” ucap Henggar saat menjadi Pemimpin Apel.

Henggar juga mengingatkan bahwa sebagai santri bukan hanya sekedar memahami ilmu keagamaan dengan baik, tetapi tentunya juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-ilai agama sebagai landasan dan perilaku kita sehari-hari.

Usai mempimpin apel Hari Santri Nasional, Henggar juga sempat memberikan selamat kepada grup Marching Band ESSILAHY yang baru saja mengikuti ASIAN MUSIC GAMES 2023 di Kabupaten Jember Jawa Timur serta mengikuti Kejuaraan Nasional Piala Menpora Republik Indonesia dan Rektor IPMAFA bulan lalu.

“Kami ucapkan selamat, semoga terus mampu berprestasi yang lebih tinggi lagi” ungkap Pj Bupati Henggar Budi Anggoro.

Apel Hari Santri Nasional 2023 di MA Silahul Ulum ditutup dengan atraksi pencak silat yang diperagakan oleh para santri dari MTs serta MA Silahul Ulum Asempapan Kecamatan Trangkil. 

Sumber : Humas Pemkab

Back To Top