Pati-Infomuria.com-Sejumlah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Desa Cabak, Kecamatan Tlogowungu mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang digelar oleh PPS dan didampingi oleh PPK Kecamatan Tlogowungu.

Bimtek tersebut digelar pada Minggu, 24 Januari 2024 di Aula Balai Desa Lahar dengan bertujuan untuk menjelaskan kepada peserta KPPS terkait pelaksanaan tugas KPPS di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pesta demokrasi 14 Februari 2024 mendatang.

Tugas yang diberikan sebagai ajang persiapan dan internalisasi pemahaman kemudian dilanjutkan dengan pendalaman materi.

Kegiatan bimtek juga membahas kasus-kasus yang rawan terjadi dalam pemilu 2024 dan strategi penyelesainnya. Hal ini diharapkan untuk meningkatkan kualitas kelayakan pemilih, profesionalisme, akuntabilitas, integritas dan transparansi penyelenggaraan pemilu.

Untuk membantu peserta KPPS dalam melaksanakan tugasnya, KPU telah merilis Buku Panduan KPPS sebagai panduan kerja dalam melaksanakan prosedur pemungutan dan penghitungan suara pemilu.

Adapun tugas dan tanggung jawab KPPS diantaranya persiapan TPS, pemungutan suara, penghitungan suara, penyusunan berita acara, penyerahan hasil penghitungan suara, penanganan pelanggaran, penanganan sengketa, penanganan kotak sara dan surat suara hingga penanganan pemilih disabilitas dan pemilih yang memerlukan bantuan.

Tak hanya itu, KPU juga telah menetapkan denah KPPS 1 hingga 7 yang menunjukkan posisi dan tugas masing-masing KPSS di TPS setempat.

Salah satu peserta KPPS dari TPS 05, Desa Cabak RT 01 RW 03, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati, Situtik Wulandari mengaku sebagai Training of Trainers (TOT) dirinya cukup puas. Pasalnya, pihaknya baru pertama kali mengikuti kegiatan bimtek sehingga perlu membutuhkan bimbingan dan pemahaman untuk meminimalisir kesalahan dalam penyelenggaraan pemilu.

“Menurut saya pribadi, kegiatan ini sangat seru, nyaman dan tentunya bermanfaat sekali. Selain itu, pembimbingnya juga ramah, apalagi ini adalah first time bagi saya mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.

Pihaknya menambahkan, kegiatan ini dibagi menjadi beberapa sesi, di antaranya Penyampaian Modul Pelatihan Pengantar, Harapan dan Komitmen Belajar; Tata Kerja dan Tugas KPPS; Kode Etik dan Kode Perilaku; Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara; Si Rekap dan Praktik Pengisian C Hasil.

“Ini sangat membantu sekali karena pastinya saya butuh bimbingan dan pembelajaran sebelum nantinya terjun ke lapangan dan menghadapi tugas riil sebagai penanggung jawab KPPS. Tak hanya itu, ini juga meminimalisir terjadinya kesalahan atau kekeliruan dalam pemilu nantinya,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan bimtek seperti ini, dapat membantu peserta KPPS yang lain, sehingga kegiatan pemilu dapat terlaksana dengan lancar dan tidak ada kesalahan. (red/jey)

Back To Top