Kudus-Infomuria.com-Pemerintah Kabupaten Kudus dinilai berhasil dalam mengimplementasikan serta mengembangkan inovasi pemanfaatan informasi geospasial dalam tata kelola pemerintahan. Sehingga berdampak pada produktivitas maupun efektivitas kinerja.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Kudus di anugerahi penghargaan Bhumandala Award 2023 dari Badan Informasi Geospasial (BIG) sebagai Juara 3 Tingkat Nasional kategori Informasi Geospasial Batas Desa/Kelurahan. 

Piagam Bhumandala Award 2023 tersebut diserahkan Kepala Badan Informasi Geospasial Muh Aris Marfai kepada Pj. Bupati Kudus Bergas Catursasi Penanggungan di Ballroom Discovery Kartika Plaza Hotel, Bali, Senin (6/11) malam.

Pj. Bupati mengatakan bahwa penghargaan yang diraih Kabupaten Kudus tentu berkat sinergitas dan kinerja dari seluruh pihak. Untuk itu, harus terus dilanjutkan agar berdampak pada kepentingan masyarakat.

“Data geospasial itu banyak positifnya, bagaimana kita memetakan suatu data awal yang sudah disediakan oleh pemerintah pusat melalui BIG, ini sangat penting untuk perencanaan dan pengambilan keputusan berbasis kewilayahan,” jelasnya.

Bergas juga mengucapkan terima kasih kepada BIG atas penghargaan Bhumandala Award 2023 yang diberikan untuk Kabupaten Kudus. Dirinya akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kinerja simpul jaringan dalam rangka mewujudkan satu peta, satu data dan menyongsong Indonesia emas.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menyebut bahwa informasi geospasial sangat berarti dan sangat penting dalam menjalankan mandat tugas kementerian termasuk kementerian LHK. Relevansi sosial dari Informasi geospasial sangat besar. Untuk itu, instrumennya yang sangat penting dalam proses penyelenggaraan kehidupan kenegaraan.

“Secara nasional kita memaknai penting informasi geospasial, pertama sebagai refleksi, eksistensi, dan kedaulatan negara. Kedua, informasi geospasial untuk inventoris sumber daya alam. Ketiga, untuk memaksimalkan manfaat sumber daya alam bagi rakyat dalam hal alokasi, distribusi dan tata kelola. Mengatasi kerawanan bencana dan mitigasinya serta menata penggunaan lahan bagi kepentingan pembangunan dan investasi 

Sementara, Kepala BIG Muh Aris Marfai mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi BIG kepada kementerian/lembaga dan juga pemerintah daerah, yang telah menyelenggarakan simpul jaringan dan informasi geospasial dengan baik.

“Saya mengucapkan selamat kepada seluruh penerima penghargaan Bhumandala tahun ini. Jangan pernah lelah untuk informasi geospasial yang lebih baik di Indonesia. Informasi geospasial sangat penting dan dibutuhkan baik di kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah, untuk membantu pengambilan keputusan dan membantu pelaksanaan perencanaan pembangunan di banyak sektor,” kata Aris.

Lebih lanjut, Aris berharap bahwa seluruh partisipan penghargaan Bhumandala Award 2023 ini, akan terus menjadi sumber inspirasi untuk berkontribusi nyata dalam perkembangan pemanfaatan informasi geospasial di Indonesia 

Sumber : Humas Pemkab

Back To Top