Kudus-Infomuria.com-Sebagai seorang penjabat kepala daerah, sudah selazimnya melakukan evaluasi untuk meningkatkan kinerja sekaligus bentuk perhatian atasan terhadap bawahannya. Hal itulah yang dilakukan Penjabat (Pj) Bupati Kudus Bergas Catursasi Penanggungan pada seluruh pegawai saat memimpin apel pagi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus. Kegiatan berlangsung di Halaman Kantor Bupati Kudus, Senin (8/1) pagi.

Dihadapan seluruh peserta apel, Pj. Bupati Bergas menyampaikan arahannya pada seluruh pegawai akan tugas dan fungsinya. Terdapat tiga hal utama yang disampaikan Bergas, yakni tentang kemampuan pegawai dalam menyelesaikan masalah, kemampuan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan, dan kelengkapan data sebuah pekerjaan yang dimiliki pegawai.

“Saya harap panjenengan semua memiliki tiga hal utama yang saya sampaikan. Dengan demikian, kita dapat memberikan pelayanan sesuai yang publik harapkan,” harapnya.

Bergas pun mengulas tiga hal utama yang disampaikannya. Pertama terkait kemampuan pegawai dalam menyelesaikan masalah (problem solver) dalam setiap pekerjaan yang dilakukan. Pihaknya ingin para pegawai baik ASN maupun non ASN dapat berpikir kritis, analitis, dan kreatif dalam menemukan solusi yang tepat diberbagai situasi yang dihadapi.

“Kami ingin setiap individu yang ada bekerja di Pemkab Kudus sebagai personel yang mampu menyelesaikan permasalahan (problem solver). Jangan sampai menjadi SDM yang tidak memiliki kemampuan itu dalam tatarannya,” ungkapnya.

Berikutnya, Bergas meminta seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Kudus memiliki kemampuan dalam mengerjakan sebuah pekerjaan (skil of project). Pihaknya mengaskan bahwa sudah tidak zamannya lagi berpangku tangan dan mengandalkan seseorang dalam setiap urusan pekerjaan yang dilakukan.

“Kemampuan individu dalam menyelesaikan setiap pekerjaan menjadi sangat penting. Sudah tidak zamannya lagi panjenengan bekerja hanya mengandalkan seseorang,” tegasnya.

Selanjutnya, orang nomor satu di Kabupaten Kudus itu juga mengimbau seluruh pegawai untuk mempersiapkan data-data terkait sebuah pekerjaan yang dikerjakan secara detail dan lengkap. Menurutnya kelengkapan sebuah data menjadi sangat vital untuk menyajikan sebuah laporan maupun informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Data sebuah pekerjaan harus disajikan secara detail dan lengkap agar tidak ‘grambyang’. Rasakan manfaat setiap pekerjaan yang dilakukan,” imbaunya.

Terakhir, pihaknya memberikan apresiasi pada setiap OPD yang melaporkan kelengkapan anggotanya dalam mengikuti kegiatan wajib apel pagi di lingkungan Pemkab Kudus. Pihaknya ingin setiap laporan yang diberikan bersifat murni tanpa ada yang ditutupi, karena kejujuran adalah sebuah langkah untuk menumbuhkan kepercayaan.

“Menjadi sebuah kebanggaan kami pada pimpinan OPD yang melaporkan anggotanya lengkap, sangat apresiasi. Saya tidak akan mengkoreksi satu per satu, silahkan renungkan sendiri, jujurlah pada diri sendiri, karena kejujuran menumbuhkan kepercayaan,” pungkasnya.

Sumber : Humas Pemkab

Back To Top