Jepara-infomuria.com-Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo memberikan bantuan stimulan kepada 1.400 petani terdampak gagal panen (puso) akibat bencana alam banjir di 5 kabupaten yakni Grobogan, Jepara, Kudus, Pati, dan Demak. Bantuan diserahkan oleh presiden di GOR Bung Karno, Kabupaten Grobogan, Selasa, (23/1/2024).

Hadir mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala BNPB Surhayanto, Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Pj. Bupati Jepara H. Edy Supriyanta, dan Bupati dari Grobogan, Kudus, Pati, dan Demak.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi berharap uang bantuan tersebut dapat segera diterima dan digunakan oleh petani untuk menggarap padi.

“Moga-moga realisasi uangnya segera diterima para petani dan langsung dipakai untuk tandur, tanam, tandur, tanam, dan segera panen. Kalau sudah panen kita tidak usah banyak impor-impor lagi dari negara lain,” ucapnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengatakan bahwa dampak perubahan iklim telah dirasakan oleh semua negara di dunia. Kekeringan panjang maupun banjir menyebabkan sejumlah negara mengalami gagal panen termasuk di Indonesia. Hal ini berdampak pada sulitnya sejumlah ekspor pangan tak terkecuali beras yang sudah mulai dikurangi dibeberapa negara.

Dalam catatannya, terdapat 22 negara yang menghentikan kebijakan ekspor beras dan memilih untuk mengamankan stok berasnya untuk kebutuhan dalam negeri. Oleh karena itu, orang nomor satu di Indonesia tersebut menjelaskan bahwa peran petani sangat sentral dalam hal pemenuhan kebutuhan pangan di Indonesia.

“Di Jawa Tengah sendiri ada 16 ribu hektare sawah yang terdampak el nino, dan banjir. Bantuan yang diberikan sudah dihitung Rp8 juta per hektare. Nanti moga-moga bapak ibu dalam 3-4 bulan yang akan datang segera panen kemudian dari situlah produktivitas bisa kita naikkan,” tandasnya.

Ditemui usai acara, Pj. Bupati Jepara H. Edy Supriyanta atas nama Pemerintah Kabupaten Jepara mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas bantuan stimulan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo kepada para petani di Jepara.

“Jepara mendapatkan bantuan dari Bapak Presiden sebesar Rp13,7 miliar. Saya minta ini tidak ada potongan apapun diterima bersih sesuai apa yang diberikan oleh Bapak Presiden kepada para petani. Saya perintahkan inspektorat dan dinas terkait untuk mengawasi,” ujar Edy.

Menurut data yang diterima Pj. Bupati, di Jepara sendiri terdapat 1.723 hektare sawah yang terdampak puso. Bantuan tersebut diserahkan kepada 35 kelompok tani yang ada di Jepara. Pj. Bupati berharap bantuan tersebut segera digunakan untuk menanam padi sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. 

Sumber : Humas Pemkab

Back To Top