Jepara-Infomuria.com-Momentum Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga keberhasilan Jepara, dengan semangat gotong royong.

Hal ini disampaikannya saat Upacara Bendera Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, di Alun-alun Jepara, Kamis (17/8/2023). Menurutnya, dengan gotong royong, akan mampu menggelorakan api nasionalisme dan patriotisme, serta mampu menyukseskan seluruh program-program pembangunan. Termasuk, pelaksanaan Pemilu 2024 yang bermartabat, berintegritas, aman dan damai sebentar lagi.“Kunci keberhasilan yang harus terus kita jaga dan rawat adalah semangat gotong royong seluruh anak bangsa,” ungkap Edy.Edy menyampaikan, kemerdekaan bukan akhir dari perjuangan.

Namun, kemerdekaan harus terus diisi dengan perjuangan, untuk mewujudkan cita-cita berbangsa dan bernegara.“Terus Melaju, menjaga tren positif pembangunan yang telah kita capai,” kata dia.Disampaikan, beberapa tren positif saat ini yaitu, penurunan angka prevalensi stunting ke angka 18,2 persen, dari 25 persen pada 2021. Naiknya Indeks Pembangunan Manusia menjadi 73,15 di 2022.

Naiknya pertumbuhan ekonomi ke angka 5,95 persen. Selain itu, Jepara juga berhasil menurunkan persentase penduduk miskin ke angka 6,88 persen, serta terkendalinya inflasi daerah di angka 3,76 persen.“Ini semakin mempertegas, bahwa Jepara sebagai peraih penghargaan dalam pengendalian inflasi daerah terbaik dari Kemendagri baru-baru ini,” kata Edy.

Penghargaan lain yang berhasil diraih Jepara, lanjutnya, Adipura Kencana, penghargaan zona hijau kualitas tertinggi, predikat kepatuhan standar pelayanan publik, predikat A unit penyelenggaraan pelayanan publik kategori pelayanan prima, penghargaan pejabat pemerintah daerah yang berdedikasi tinggi dalam pemberantasan korupsi, opini WTP ke-13 berturut-turut, penghargaan pencapaian terbanyak KB MKJP, penghargaan kategori inovatif penyelenggaraan layanan upaya berhenti merokok, serta suksesnya kontingen Jepara masukperingkat lima pada Porprov XVI Jateng 2023.Pada kesempatan itu, juga diserahkan piagam tanda kehormatan Presiden RI berupa Tanda Kehormatan Satyalancana, tali asih Rp25 juta untuk LVRI Jepara, dan pemberian remisi kepada warga binaan Jepara.

Sebelumnya, untuk mengenang jasa para pahlawan, Pj Bupati beserta Forkopimda Kabupaten Jepara telah menggelar apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Darma Jepara, Selasa (17/8/2023) dini hari.Edy menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan.“Di mana kemerdekaan yang kita rasakan saat ini, merupakan buah perjuangan mereka yg sudah bercucuran darah untuk meraihnya,” tuturnya.

Kapolres Jepara selaku inspektur upacara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menyampaikan, saat ini para pahlawan yang sudah bersemayam di Taman Makam Pahlawan Jepara terdiri dari 24 pahlawan dari TNI, tiga orang dari Polri, dan satu orang pahlawan tak dikenal.“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan, kesucian pengorbanan para pahlawan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” kata Wahyu.

Sumber : Humas Pemkab

Back To Top