Jepara-Infomuri.com-Dengan modal kepedulian masyarakat yang semakin baik, Pemkab Jepara optimis tingkat partisipasi pemilih dan pemilihan umum (Pemilu) akan naik lagi. Ini merupakan salah satu indikator sukses pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

Hal ini terungkap dalam Rakor Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat Demi Suksesnya Pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, Selasa 5 Desember 2023, di Pendopo R.A Kartini Jepara. Hadir perwakilan Forkopinda, pimpinan Perangkat Daerah, Camat, dan BUMD.

Membacakan sambutan Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta, Asisten Pemerintahan dan Perwakilan Masyarakat Sekda Jepara Ratib Zaini mengaku bersyukur, masyarakat Jepara sudah sangat dewasa memahami perbedaan pilihan dan peduli terhadap isu aktual Pemilu 2024. Buktinya, tingkat partisipasi pemilih Jepara tinggi di atas target nasional. Partisipasi pemilih ditingkat nasional sebanyak 77,5 persen.

“Kami berharap dukungan semua pihak agar tingkat partisipasi pemilih di pemilu 2024 ini dapat terus meningkat,” katanya.

Data KPU Jepara menyebutkan, partisipasi pemilih pada Pilpres 2019 mencapai 83 persen, DPD 82,94 persen, DPR RI 82,90 persen, DPRD provinsi 82,91 persen, dan DPRD Kabupaten 82,81 persen.

“Selain kesadaran, kepedulian dan naiknya tingkat partisipasi masyarakat, saya ingatkan bahwa kondusifitas dan keamanan wilayah terkait sukses pelaksanaan Pemilu 2024 tetap menjadi prioritas utama,” katanya.

Terkait sukses pelaksanaan Pilkada, lewat APBD telah kita cadangkan hibah kepada KPU, Bawaslu, Polres Jepara, dan Kodim 0719/Jepara sebesar Rp58,3 milyar untuk mendukung pelaksanaan pilkada serentak. Selain itu juga telah disiapkan dukungan anggaran kepada Bakesbangpol Rp300 juta, Satpol PP & Damkar Rp4,76 milyar, Bagian Pemerintahan Setda Rp200 juta, dan masing- masing kecamatan sebesar Rp20 juta.

Sumber : Humas Pemkab

Back To Top