Jepara-Infomuria.com-Malam penganugerahan pemenang Lomba Baca Puisi Kreatif (LBPK) XII untuk pelajar dan umum tingkat provinsi Jawa Tengah digelar pada Sabtu, 28 Oktober 2023 di Pendopo Kartini Kabupaten Jepara.

Selain penganugerahan pemenang LBPK XII, pada kegiatan ini juga akan diluncurkan buku puisi Membaca Jepara Jilid 9, bersama Sosiawan Leak dan para penyair beberapa kota, dan penyerahan hadiah lomba puisi ke 12 serta Roadshow Penyair Puisi Menolak Korupsi (PMK), dan Ada juga pertunjukan pembacaan puisi Difabel, Musik Akustik, dan pentas seni lainnya.

Menurut Ketua Yayasan Gaperto Jepara, Didid Endro, LBPK ini bukanlah sekedar euphoria kesusasteraan belaka tetapi lebih pada upaya penggalian dan eksplorasi potensi melalui puisi.

“kesusasteraan itu kan anak kandung kebudayaan, dan puisi adalah salah satu bentuk karya sastra”, ungkapnya.

Didid juga menyambut gembira mulai munculnya gairah berkesenian di Jepara saat ini. Banyaknya pagelaran seni dan budaya yang diadakan oleh kelompok-kelompok masyarakat menunjukan jika seni budaya adalah kebutuhan masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan gairah kesenian yang semakin meningkat ini dapat memajukan seni dan kesusastraan di kota ukir Jepara,” kata didid.

LBPK ke 12 ini juga tidak berbeda jauh dari tahun-tahun sebelumnya, yakni tetap pada kategori Pelajar (SMA/SMK/MA sederajat) se karesidenan Pati, dan kategori Umum se Provinsi Jawa Tengah.

Sumber : Humas Pemkab

Back To Top