Jepara-Infomuria.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara sebagai persiapan menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024. Acara ini berlangsung di Gedung Wanita Jepara, Selasa (26/12/2023).

Ketua KPU Kabupaten Jepara Ris Andi Kusuma menyampaikan, ini merupakan sejarah bagi tahapan pemilu 2024, karena baru pertama kalinya digelar. Memasuki tahapan tahapan yang sangat krusial, dia berharap semua petugas, baik itu PPK, PPS, dan KPPS memahami dan mencermati setiap tahapan yang sudah dilaksanakan oleh KPU.

Ris Andy Kusuma menegaskan, PPK, PPS, dan KPPS untuk melaksanakan tugas penuh tanggung jawab. Sehingga di kemudian hari tidak terjadi persoalan yang bisa mengganggu kinerja kita.

“Mari kita sukseskan Pemilu 2024 yg aman, damai, dan sukses,” ucapnya.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Jepara H. Edy Supriyanta yang diwakili Assisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Ratib Zaini mengatakan, Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Jepara sebanyak 3.490 TPS. Sedangkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 991.996 jiwa. Ratib Zaini berharap, semua petugas yang terlibat harus konsisten dalam menjalankan tugasnya.

“Hari ini sudah dicontohkan oleh KPU, Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 yang tinggal sebentar lagi. Kegiatan ini dilakukan agar petugas dan juga masyarakat mengerti dalam kegiatan proses pemilihan yang akan dilakukan dan menyamakan persepsi sehingga meminimalisir kendala dalam proses yang dilakukan,” katanya.

Lebih lanjut, Ratib Zaini menekankan agar petugas pada Pemilu 2024, selalu menjaga kesehatannya. Selain faktor teknis yang harus diantisipasi adalah kondisi cuaca yang tidak menentu, listrik padam, dan yang lain.

Faktor lain seperti pergerakan massa juga menjadi perhatiannya, karena banyak pemilih pemula. Informasi dan komunikasi harus tetap berjalan, agar Pemilu 2024 berjalan lancar.

“Kepada semua petugas, jaga kesehatan. Kedepankan komunikasi. Mari kita sukseskan Pemilu 2024. Semoga berjalan aman dan lancar,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini jajaran Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, Bawaslu, serta 5 PPK, PPS, dan juga KPPS . Simulasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan seluruh pihak dalam menghadapi Pemilu 2024, dan partisipasi masyarakat meningkat.

Sumber : Humas Pemkab

Back To Top