Jepara-Infomuria.com-Selama 15 tahun berturut-turut, Kabupaten Jepara terus meraih penghargaan di bidang kebersihan dan lingkungan. Berupa piala Adipura. Bahkan pada penilaian yang terakhir, Bumi Kartini dianugerahi penghargaan tertinggi kategori Kencana. Pemkab Jepara pun terus optimis untuk bisa meraihnya kembali.

Semangat mempertahankan capaian Adipura ini mendapat dukungan dari segenap perangkat daerah. Mulai dari upaya edukasi dan sosialiasi kepada masyarakat, hingga menggelar aksi bersih-bersih baik di lingkungan kantor maupun area publik. Komitmen tersebut diapresiasi Penjabat Bupati Jepara melalui Sekda Edy Sujatmiko. Itu dalam rapat persiapan pemantuan Adipura di Ruang Rapat Sosrokartono Setda, Kamis (5/10/2023).

“Tadi saya sudah melihat, atas perintah Pak Bupati langkah-langkahnya. Alhamdulillah sudah ada yang action hari ini,” ujarnya.

Melalui Sekda Edy, Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta mengatakan, partisipasi masyarakat dan berbagai pihak sangat diperlukan untuk memperoleh hasil penilaian yang maksimal. Pasalnya, tim penilai Adipura direncanakan dalam pekan ini mulai melakukan pemantauan di Bumi Kartini. “Ada info tim dari kementerian akan datang hari ini ke Jateng. Dari Provinsi langsung ke daerah salah satunya Jepara,” kata dia.

Nantinya, ada 18 titik yang akan dipantau. Meliputi perumahan atau pemukiman, sasarannya adalah perumahan Demaan, Gang Maju, Panggang, dan perumahan Tahunan. Titik pantau berikutnya ialah jalan, seperti Jalan Dr Soetomo, Jalan Kartini, Jalan Veteran, hingga Jalan Kolonel Sugiono.

Kemudian titik pantau pasar, pertokoan, perkantoran, sekolah, terminal, pelabuhan penyeberangan, rumah sakit dan puskesmas. Lalu, saluran terbuka, TPA, pantai wisata, bank sampah unit, bank sampah induk, fasilitas pengelolaan sampah, hutan maupun taman kota.

Dalam rapat tersebut, Sekda memberi apresiasi atas kinerja segenap pihak untuk pengelolaan sampah di hulu. Terbukti volume sampah yang masuk ke TPA sudah banyak berkurang. Kini hanya didominasi residu. Termasuk pengalihan TPS menjadi mandiri sampah, serta pengoptimalan program jemput sampah terpilah atau Jejapah. “Sampah menuju ke TPA sudah terkurangi banyak. Hanya residu yang masuk ke TPA,” tuturnya.

Setelah memimpin rapat, Sekda bersama sejumlah pimpinan perangkat daerah terkait memantau beberapa lokasi. Mengecek kebersihan dan sarana penunjang. Dimulai dari pelabuhan penyeberangan, Pantai Kartini, sampai terminal.

Diketahui bahwa raihan piala Adipura Kabupaten Jepara tercatat sudah 16 kali. Dari jumlah itu, 15 kalinya diraih secara berturut-turut tiap tahun. Terakhir, mendapat Adipura Kencana pada 28 Februari 2023. 

Sumber : Humas Pemkab

Back To Top