Jepara-Infomuria.com-Para pelaku wisata diminta memberi jaminan kenyamanan kepada setiap wisatawan yang datang ke Jepara. Kenyamanan yang mereka dapatkan, akan membawa manfaat bukan hanya untuk sektor wisata, namun juga usaha kecil dan menengah serta sektor-sektor lain.

“Maka menjaga kebersihan lokasi wisata dan memberi kenyamanan kepada wisatawan, tak bisa ditawar. Itu harus kita berikan semaksimal mungkin.”

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko saat memberi motivasi dalam acara pembinaan pelaku wisata Pantai Kartini dan Pantai Bandengan, Jepara. Kegiatan itu berlangsung di aula Museum R.A. Kartini Jepara pada Rabu (27/12/2023). Materi motivasi juga diberikan dosen UKSW Semarang, Eko Suseno.

Menurut Edy Sujatmiko, kebersihan seluruh lokasi wisata menentukan kenyamanan pengunjung. Dia menggarisbawahi pentingnya menjaga objek wisata, tempat makan, tempat bersantai, kios, bahkan fasilitas toilet sebersih dan serapi mungkin.

“Bahkan harga sewa kamar hotel sangat ditentukan kamar mandinya. Hotel yang mahal itu pasti kamar mandinya bagus dan bersih,” tambahnya.

Selain kebersihan dan kerapian, dia juga berpesan agar tidak ada pedagang yang menjual harga makanan dan minuman dengan harga yang tidak mahal. “ Itulah mengapa, kami pemerintah daerah mewajibkan pencantuman harga makanan agar tidak ada yang nengkik,” kata dia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Moh Eko Udyyono mengatakan pelaku wisata sepakat meningkatkan pelayanan kepada wisatawan, termasuk melalui peningkatan kebersihan dan kenyamanan.

Sumber : Humas Pemkab

Back To Top