Jateng-Infomuria.com-Seratusan anggota Insan Pariwisata Indonesia (IPI) melaksanakan silaturahmi nasional (silatnas) di Taman Wisata Saloka Theme Park di Lopait Tuntang, Rabu (20/9/2023). Para pelaku pariwisata yang berasal dari berbagai provinsi di tanah air itu, berkumpul untuk berkomunikasi terkait pengembangan usaha pariwisata.

Ketua panitia pelaksana, M Taufiqurrahman menjelaskan, mereka berasal dari biro perjalanan wisata, pemilik toko oleh-oleh, hotel, bus, pemandu perjalanan, dan pelaku wisata lainnya. Peserta dari pengurus DPD se-Indonesia, di antaranya dari Batam, Sulawesi Utara, Jakarta, Banten, Jateng, Yogyakarta, Bali, bahkan dari Lombok juga hadir.

Disampaikan, sejak 18 hingga 20 September 2023, mereka berkunjung ke Wonosobo, Magelang, dan berakhir di Kabupaten Semarang.

“Tujuannya untuk mengangkat potensi pariwisata daerah yang menjadi lokasi Silatnas,” terangnya.

Tak hanya pariwisata, lanjutnya, sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) juga ikut serta berkembang. Bahkan, ada anggota DPD Batam yang terpikat dengan kreasi produk kudapan ringan dan batik UMKM Kabupaten Semarang. Mereka menawarkan fasilitas promosi berupa pameran dagang gratis kepada pelaku UMKM Kabupaten Semarang.

“Ini sangat menguntungkan, karena Batam berdekatan dengan Singapura. Sehingga, diharapkan dapat menciptakan pasar baru bagi UMKM Kabupaten Semarang,” katanya lagi.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Wiwin Sulistyowati mengaku bangga penutupan Silatnas IPI dilaksanakan di Kabupaten Semarang.

“Di sini adalah surganya Jawa Tengah. Banyak tempat wisata menarik dapat dikunjungi. Agenda ini sangat baik guna memajukan pariwisata kita,” ungkap Wiwin.

Sumber : Humas Pemkab

Back To Top