Jateng-Infomuria.com-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno meluncurkan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 di Desa Wisata Bugisan, Prambanan, Klaten pada Sabtu (9/3/2024).


Peluncuran diawali dengan Sandiaga bersama Bupati Klaten melihat potensi desa wisata Bugisan seperti kuliner di Daleme Simbah, menaiki gerobak sapi sambil menyapa masyarakat, dan berinteraksi dengan 14 pelaku UMKM mulai dari usaha kain batik ecoprint, wayang kulit, booth highlight Desa Wisata, hingga mencicipi jenang kendil serta nasi wiwitan.


Sandiaga Uno mengaku senang bisa datang kedua kalinya ke Desa Wisata Bugisan.
“Saya senang sekali bisa kembali ke Desa Bugisan dan terakhir ke sini di tahun 2022. Saya melihat langsung desa ini semakin menjadi destinasi yang berkualitas dan berkelanjutan.

Tadi saya sempat menyantap makan siang di Daleme Simbah, makanannya ndeso tapi rasanya tingkat dunia,” tutur Sandiaga Uno.


Sandiaga Uno juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Klaten Sri Mulyani yang mampu mengampu dua Desa Wisata tingkat Nasional.


“Saya ucapkan terima kasih, karena Bupati Klaten, ibu (Sri Mulyani) telah menjadi katalisator dari kemajuan ekonomi masyarakat. Ada dua desa wisata kelas nasional dibimbing dan biasanya satu Kabupaten itu satu. Tapi Bupati Klaten bisa membimbing dua itu luar biasa yakni Desa Wisata Bugisan dan Sidowarno,” ucap Sandiaga Uno.


Sementara Bupati Klaten, Sri Mulyani mengaku bersyukur dan senang karena Desa Wisata Bugisan menjadi tempat peluncuran ADWI 2024.


“Tentunya dengan adanya ADWI 2024 ini menambah semangatnya Kepala Desa untuk menggali potensi yang ada di desanya masing-masing. Dulu masyarakat mau lewat ke daerah Candi Plaosan takut karena dengan kondisi yang masih gelap.

Saat ini dengan dibangunnya Desa Wisata dan adanya ADWI ini sudah menjadi tempat favorit untuk masyarakat Klaten bahkan masyarakat Indonesia yang sedang berkunjung ke Klaten untuk melihat Candi Kembar,” tutur Sri Mulyani.

Sumber : Humas Pemprov

Back To Top