jateng-Infomuria.com-Menjelang pelaksanaan Pemilu, Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana terus memantau kesiapan masing-masing daerah. Kali ini, peninjauan kesiapan pemilu dilakukan di kantor KPU Kabupaten Karanganyar.

Kepada Pj Gubernur, Ketua KPU Karanganyar, Daryono, menyampaikan secara keseluruhan, KPU telah siap melakukan pemungutan suara pada 14 Februari mendatang.

“Saat ini sudah siap dalam menghadapi pemilu 2024. Untuk packing surat suara juga sudah selesai, tinggal didistribusikan tanggal 9 Februari. Logistik diterima di TPS H-1 atau tanggal 13 Februari,” jelas Daryono.

Terkait kesiapan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), menurut Daryono, KPPS telah terbentuk, dengan jumlah petugas 22.400 orang. Mereka telah siap untuk melaksanakan tugasnya di masing-masing TPS.

Daryono menjelaskan, daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Karanganyar mencapai 707.967 orang, yang tersebar di 3.200 TPS.

“Saat ini kami sudah siap semua untuk kesiapannya. Terima kasih sudah banyak di-support, baik difasilitasi atau lainnya. Terima kasih juga Pemprov Jateng karena banyak didukung,” beber dia.

Sementara, Pj Gubernur Nana Sudjana menyebutkan, logistik pemilu di Karanganyar sudah tidak ada masalah. Tinggal nanti pendistribusian logistik ke PPK.

“Saya harapkan PPK siap betul, bagaimana mereka mengamankan kondisi pemilu,” kata Nana.

Dia menuturkan, peran KPU sangat vital dalam penyelenggaraan pemilu. Oleh karenanya, KPU harus bisa memanajemen, termasuk dalam hal ini terus mengawasi jalannya pemilu.

Ditambahkan, KPU juga diharapkan terus berkoordinasi dengan instansi terkait atau saling bersinergi, terutama dengan TNI dan Polri. Selain itu, KPU yang menargetkan partisipasi pemilu 80 persen, hendaknya bisa diupayakan maksimal.

Nana mengingatkan, kondisi cuaca sesuai perkiraan BMKG harus diperhatikan. Apalagi, BMKG memperkirakan jika Febuari merupakan puncak musim hujan. Oleh karena itu, lokasi TPS hendaknya berada di tempat yang aman dari hujan.

“Karanganyar siap menyukseskan dan mengamankan Pilpres, Pileg, dan DPD. Terkait dengan logsitik saat ini, sudah di kabupaten dan sudah disiapkan,” terang Nana.

Secara umum, tuturnya, pengamanan sudah siap. Termasuk 6.400 orang linmas yang bakal bertugas di 3.200 TPS, sudah siap.

Sumber : Humas Pemkab

Back To Top