Blora-Infomuria.com-Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0721/Blora Letkol Czi. Yuli Hartanto, S.E., menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 tingkat Kabupaten Blora di halaman Kantor Bupati Blora, Minggu (1/10/2023).

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 berlangsung khidmat dengan mengusung tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”.

Upacara diikuti Forkopimda Blora, Pimpinan OPD, TNI-Polri, Pegawai ASN, Sat Pol PP, Pelajar SMA, Pelajar SMP dan Mahasiswa. Sedangkan perwira upacara Titik Umiyati, S.Pd., M.Si. Komandan Upacara Agus Supriyanto, S.Pd. Pembaca teks Pembukaan UUD 1945, Ika Hanif Prasetya dan pembaca ikrar Devinta Arie W., S.Pd. Tim paduan suara dari Universitas Terbuka (UT). Pembaca doa Umbarno, SE.

Dalam upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023, Dandim) 0721/Blora Letkol Czi. Yuli Hartanto, SE., membaca teks Pancasila yang ditirukan peserta upacara. Selain itu pada urutan tata upacara dinyanyikan lagu Indonesia Raya dan dipersembahkan lagu Garuda Pancasila oleh tim paduan suara dari Universitas Terbuka.

Pelaksanaan upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023 membawa kesan bagi generasi milenial yang mengikuti sebagai peserta.

“Sangat senang dan bersyukur, kesannya itu untuk merayakan Hari Kesaktian Pancasila. Karena kita tahu bahwa Pancasila adalah sebuah dasar negara Indonesia yang sangat terbukti menjadi pegangan hidup dalam berbangsa dan bernegara, sehingga kita juga turut merayakan Hari Kesaktian Pancasila tersebut,” kata Nadine Premestha Ardhani siswa kelas XI SMAN 1 Blora.

Hal senada juga diungkapkan Azriel Pasha Tri Pratdityo dan Arfinsa Maulidya Kurnia Ilmi siswa kelas XI SMAN 1 Blora lainnya.

Menurutnya, kalau anak-anak milenial sekarang ini bisa mengerti dan memahami sejarah, maka hal itu sudah menandakan bahwa nilai-nilai bela negara yaitu cinta Tanah Air sudah dipegang dan dipahami betul.

“Dengan perjuangan para pahlawan dahulu, kita sekarang sudah bisa melakukan segala aktivitas dengan baik, dengan menikmati kemerdekaan. Tetapi harus diingat juga bahwa kita tidak cuma untuk menikmati kemerdekaan tetapi kita juga harus mengisi kemerdekaan dengan apa yang kita miliki,” ujarnya.

Kesan lainnya disampaikan Rehan Afif, mahasiswa Prodi Akutansi Universitas Terbuka. Menurut dia, sakti yang dimaksudkan adalah dalam kehidupan sehari-hari harus taat dan mencerminkan nilai-nilai Pancasila, seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah, dan keadilan sosial.

“Sudah seharusnya teman-teman muda terutama generasi milenial terus memaknai dan mengaplikasikan nilai-nilai luhur Pancasila di dalam kehidupan,” kata Rehan yang juga anggota tim paduan suara Universitas Terbuka.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023 juga dilaksanakan di sekolah-sekolah, kecamatan dan lembaga pemerintah lainnya.

Sementara itu, Pemkab Blora mengimbau kepada masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih satu tiang penuh pada peringatam Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023. Sehari sebelumnya, Sabtu (30/9/2023) masyarakat diimbau memasang bendera merah putih setengah tiang. 

Sumber : Humas Pemkab

Back To Top