Blora-Infomuria.com-Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP4) Kabupaten Blora, Jawa Tengah Ngaliman, SP.,MMA., menyampaikan penyuluh sangat penting perannya sebagai salah satu penentu tercapainya tujuan pembangunan pertanian dan membangun di pertanian yang berkelanjutan.

Hal itu disampaikan pada rapat koordinasi (rakor) penyuluhan tingkat Kabupaten Blora bertempat di aula dinas setempat dalam rangka untuk meningkatkan kinerja penyuluh pertanian, Selasa (30/1/2024).

“Untuk mewujudkan target tersebut, dibutuhkan kerja sama antara petani dan penyuluh pertanian di lapangan,” ucapnya.

Ada beberapa langkah yang disarankan oleh Plt. Kepala DP4 Blora untuk mencapai hal tersebut. Di antaranya kesadaran akan pentingnya penyuluh pertanian untuk mendukung perkembangan sektor pertanian di Kabupaten Blora.

Kemudian, mencapai tujuan pembangunan pertanian berkelanjutan, meningkatkan kesejahteraan petani dan mendorong ketahanan pangan nasional.

Dijelaskannya, penyuluh harus mejadi sistem yang menciptkan pertanian sebagai usaha yang menguntungkan dan pembangunan pertanian berkelajutan di Indonesia.

Selain itu, tambah Plt. Kepala DP4 Blora Ngaliman, dapat menyebabkan menurunnya produksi tanaman, kekeringan, serta bencana alam seperti banjir dan longsor.

“Oleh karena itu penyuluh pertanian harus memberikan informasi yang akurat kepada petani,” tegasnya.

Rakor dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan kartu tani sebagai kabupaten terbaik klaster 2. Penyerahan hadiah diberikan oleh BRI kepada DP4 Blora untuk kegiatan penyaluran pupuk bersubsidi dan kartu tani 2023 tingkat provinsi Jawa Tengah. 

Sumber : Humas Pemkab

Back To Top