Blora-Infomuria.com-Ribuan masyarakat saksikan pentas Rampak Seni Barongan Blora, yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Blora ke -274 Kabupaten Blora, di Taman Tuk Buntung, Cepu, Kamis malam (21/12/2023).

Meski pementasan Barongan dari Sedulur Barongan Kecamatan Cepu dan didukug 15 paguyuban kesenian Barongan lainnya, dimulai malam hari, yakni sekitar pukul 20.00 WIB, namun satu jam sebelumnya, penonton sudah banyak memadati lokasi.

Mereka datang dari Cepu dan sekitarnya. Mulai dari balita, anak-anak, remaja, hingga dewasa, tampak antusias menyaksikan pementasan barongan tersebut. Bahkan sesekali riuh gelak tawa muncul dari penonton, ketika penari Barong sesekali melontarkan candaan.

Bupati Blora H. Arief Rohman, bersama Forkopimda Blora hadir secara langsung untuk menyaksikan pagelaran Rampak Barongan Blora tersebut.

Bupati berharap, adanya pementasan tersebut bisa semakin menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap kesenian daerah. Sekaligus sebagai bentuk apresiasi terhadap para pelaku kesenian Barongan Blora.

Disampaikan, kesenian barongan merupakan salah satu kekayaan budaya Kabupaten Blora. Jumlah grup barongan di Blora ini ada ratusan, maka dari itu Blora juga mendapat julukan sebagai kota Barongan.

‘’Kekayaan budaya ini harus kita cintai. Ini adalah sebagai bentuk apresiasi terhadap bakat dan kreativitas para pelaku kesenian,” papar Bupati Arief.

Setiap tahunnya, dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora berbagai pementasan kesenian selalu diselenggarakan untuk menghibur masyarakat Blora.

Exxon Mobil Cepu Limited menjadi salah satu pihak yang terus mendukung kesenian daerah ini untuk bisa tampil. Pementasan Rampak Barongan di Tuk Buntung juga menjadi salah satu bentuk apresiasi kepada para pelaku seni barongan di Blora.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Exxon Mobil Cepu Limited yang telah membantu kegiatan ini dan juga teman-teman dari Barongan Cepu,” tambah Bupati Arief

Sementara itu, mewakili pimpinan Exxon Mobil Cepu Limited, M.Romadhona selaku Maintenance Superintendent, berharap agar sinergi dengan Pemerintah Kabupaten Blora dan masyarakat Blora bisa senantiasa terjalin dengan baik.

Dirinya berharap agar masyarakat Cepu maupun Blora bisa menikmati pementasan kesenian Barongan ini serta melestarikan kesenian daerahnya.

“Kami berharap masyarakat Cepu, Blora dapat menikmati acara malam hari ini, pesan-pesan moral dari acara malam ini dapat tersampaikan lewat karyanya, semoga ini menjadi penyelaras kerja sama yang lebih baik lagi dengan Pemkab Blora dan Masyarakat Blora,” terangnya

Dalam acara tersebut, Bupati juga turut menyerahkan penghargaan apresiasi kepada atlet berprestasi NPCI Blora dalam ajang Pekan Paralimpik Provinsi Jawa Tengah tahun 2023 secara simbolis.

Adapun perwakilan penerima yakni Yusuf Fikri Albar cabor para atletik lari 400m putra T47 yang berhasil meraih Emas, lalu Mei Dista Afdarista cabor Para Atletik Lari 400m putri T13 berhasil meraih medali emas.

Sumber : Humas Pemkab 

Back To Top