Blora-Infomuria.comSebanyak 20 perguruan silat yang ada di Blora ikuti Kejuaraan Seni Bela Diri Pencak Silat Kapolres Cup.

Kejuaraan yang digelar dalam rangka Hari Bhayangkara ke -77 itu, dibuka oleh Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, ST. MM, yang hadir mewakili Bupati Blora H. Arief Rohman S.IP, M.Si, di Mako Polres Blora, Minggu (18/6/2023).

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Blora mengajak kepada seluruh generasi bangsa terutama masyarakat Kabupaten Blora untuk senantiasa menjaga dan melestarikan seni pencak silat yang merupakan warisan leluhur itu.

“Pencak silat menjadi jati diri bangsa Indonesia dan sudah sepantasnya jika pencak silat diajarkan kepada seluruh warga masyarakat. Bahkan bila perlu sejak usia dini serta kepada generasi muda penerus bangsa demi menjaga kelestarian pencak silat itu sendiri, ” ucap Wakil Bupati Blora, Tri Yuli.

Dikatakan, di Indonesia sudah ditetapkan 7 aliran pencak silat yang dinobatkan sebagai warisan budaya non benda pada sidang ke -14 oleh PBB. Hal itu membuktikan bahwa bangsa Indonesia kaya akan warisan leluhur yang harus dilestarikan.

Pencak silat dalam perkembangannya diharapkan dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia baik dalam lingkungan regional maupun internasional.

Wakil Bupati yang akrab dipanggil Mbak Etik itu Selain itu mengucapkan banyak terimakasih serta apresiasi yang tinggi kepada Polres Blora serta jajarannya atas terselenggaranya kejuaraan pencak silat tersebut. Diharapkan kedepannya kejuaraan ini nantinya bisa menjadi agenda rutin setiap tahunnya.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Kapolres Blora serta jajaran yang telah meluangkan waktu tenaga dan pikiran untuk melestarikan pencak silat dengan digelarnya kejuaraan semacam ini. Semoga momen ini dapat merangsang para pendekar dan praktisi pencak silat untuk lebih menghidupkan serta melestarikan pencak silat di kalangan masyarakat khususnya generasi muda,” imbuhnya.

“Semoga kejuaraan ini bisa menjadi agenda rutin sebagai upaya untuk melestarikan pencak silat yang ada di Kabupaten Blora,” harap Wabup.

Back To Top