Sekda Pati Jumani Apresiasi Sekolah atas Dukungan Gerakan Aksi Bergizi Serentak

Pati-Infomuria.com-Sekretaris Daerah Kabupaten Pati Jumani menyampaikan apresiasi atas peran sekolah-sekolah dalam mendukung pelaksanaan Gerakan Aksi Bergizi Serentak (GABS).

“Sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk perilaku hidup sehat pada anak-anak. Melalui program GABS, kita berharap akan dapat mencetak generasi muda yang sehat dan cerdas,” ujar sekda, pada pertemuan evaluasi GABS, di Ruang Penjawi, Senin (21/10/2024).

Meskipun telah ada banyak kemajuan, Jumani mengakui, masih ada beberapa tantangan yang harus dihadapi dalam upaya meningkatkan status gizi masyarakat.

“Salah satu tantangan terbesar, adalah bagaimana mempertahankan keberhasilan yang telah kita capai ini,” ujarnya.

Untuk itu, dia mengajak seluruh pihak, untuk terus bekerja sama dan berinovasi dalam melaksanakan program GABS.

“Saya berharap, melalui sinergi yang kuat antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat, kita dapat mewujudkan Kabupaten Pati yang bebas dari stunting dan memiliki generasi muda yang sehat dan berkualitas,” harapnya.

Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Pati, Munadi menyampaikan, melalui GABS, diharapkan kesadaran siswa tentang pentingnya gizi seimbang, kebiasaan hidup sehat, dan aktivitas fisik meningkat. Sehingga, mencegah masalah gizi pada anak usia sekolah, seperti anemia, stunting, dan obesitas.

Disampaikan, GABS kali ini diwujudkan dalam bentuk senam bersama, sarapan sehat bersama, edukasi gizi, serta minum tablet tambah darah bersama untuk siswa putri. Melalui kegiatan itu, dia berharap, dapat membudayakan kebiasaan siswa untuk membiasakan aktivitas fisik, konsumsi gizi seimbang, dan membiasakan konsumsi tablet tambah darah pada siswa putri.

Sumber : Humas Pemkab