Pj. Bupati Edy Supriyanta Resmi Buka Perpusnas Writer Festival 2024

Jepara-Infomuria.com-Kali ini Kabupaten Jepara menjadi tuan rumah Perpusnas Writer Festival (PWF) 2024 tingkat Nasional, diharapkan menjadi pendorong minat menulis dan membaca bagi masyarakat Jepara.

Penjabat (Pj.) Bupati Jepara H Edy Supriyanta secara langsung membuka program Perpusnas Writer Festival (PWF) yang dilaksanakan pada 17 – 21Oktober mendatang. Kegiatan ini berlangsung di kompleks Pendopo R.A Kartini Kabupaten Jepara dan Gedung Shima Jepara, pada Kamis (17/10/2024). Tema besar yang diusung adalah “Menulis untuk Perubahan”.

Turut hadir Forkopimda Jepara, Ketua DPRD Jepara, Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI, Kepala Biro Hukum, Organisasi Kerjasama & Humas Perpusnas RI, Kepala Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Perpustakaan Prov/Kab/Kota se-Indonesia, serta para penggiat Literasi se-Kabupaten Jepara.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati menyampaikan lewat literasi yang baik, Kartini telah menggugah kesadaran anak bangsa mewujudkan peradaban yang lebih baik, Kartini juga mampu mengubah cara pandang dunia kepada bangsa Indonesia.
“Lewat literasi ini, saya harap mampu menjadi daya dorong dan menggugah kesadaran anak bangsa mewujudkan peradaban cendekia,” ujarnya.

Lebih lanjut, Pj. Bupati berharap pada masa ini segala keaneragaman dan keindahan budaya, kerajinan dan pariwisata di Jepara dapat juga dikenalkan ke dunia melalui karya-karya literasi generasi muda Jepara.
“Pemkab Jepara akan terus meningkatkan literasi masyarakat, saat ini kita telah mengembangkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di 52 Perpustakaan Desa/Kelurahan serta 27 Taman Baca Masyarakat, pengembangan perpustakaan sekolah, dan lomba perpustakaan,” tutur Edy Supriyanta.

Sementara itu, sejak pertama kalinya PWF digelar pada 2021, Perpusnas Writers Festival (PWF) 2024 adalah penyelenggaraan yang kedua kalinya di luar Ibu Kota. Tahun pertama dan kedua digelar di Jakarta, setelah itu pada tahun 3 lalu PWF 2023 diselenggarakan di Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) dan De Majestic, Kota Bandung, Jawa Barat.

PWF 2024 kali ini terbuka untuk umum dan dapat diikuti oleh masyarakat yang tertarik dengan dunia literasi. Kegiatan yang akan dilaksanakan di antaranya, Penulisan berita, Guritan, Jumpa dengan para pegiat literasi, budaya, serta penulis tingkat Nasional, dan Screening film. 

Sumber : Humas Pemkab