Masjid Jami’ Al-Ilham Desa Bakalan Raih Juara II Nasional di Ajang AMPeR 2024

Pati-Infomuria.com-, Masjid Jami’Al-Ilham Desa Bakalan Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati meraih juara II tingkat Nasional sebagai masjid ramah lingkungan dalam ajang Anugerah Masjid Agung Perconohan dan Ramah ( AMPeR) Tahun 2024, kegiatan malam peangugrahan di selenggarakan pada selasa (01/10/24) di Hotel Swiss-Belhotel Solo.


Masjid Jami’Al-ilham ini sebelumnya masuk sebagai salah satu nominasi dari tiga masjid percontohan kategori ramah lingkungan dan akhirnya mendapatkan juara II tingkat Nasional.
Proses lomba Masjid percontohan ini dimulai dari tingkat kecamatan, tingkat kabupaten dan tingkat provinsi dan sampai tingkat nasional, ada beberapa administrasi pengumpulan dokumen kelengkapan masjid dan juga mengisi eviden dan tinjauan lapangan langsung dari tim penilai untuk sampai ke jenjang tingkat nasional.


Rombongan pengurus masjid Jami’ Al-ilham berangkat dari Kabupaten Pati bersama semua pengurus Masjid dan pengurus Program ungulan mereka yaitu BPRMI ( Badan Pengelola Rongsoan Masjil Al-Ilham ).


Masjid yang mempunyai Tagline “ memakmurkan masjid dengan rongsokan” mengunsung kebesihan lingkungan masjid dan masyarakatnya untuk bersedah dengan rongsokan yang sudah tidak berguna dirumah dan di sedekahkan ke masjid lalu masjid di kelola dan hasilnya untuk kegiatan memekmurkan masjid Al-Ilham.


H.Umar Farouq,S.Kom.M.Pd sebagai inisiator dan perintis program BPRMI ini bersyukur atas raihan juara II tingkat Nasional sebagai masjid percontohan kategori ramah lingkungan ini, dan atas kerjasama semua pengurus masjid Al-Ilham juara ini bisa kita dapatkan.


“semoga masjid jami’ al-ilham ini semakin maju dan bisa menjadi masjid percontohan ramah lingkungan untuk masjid masjid yang lain, kita ingin menebar kebaikan lewat masjid” ujarnya.
Masjid jami’ Al-Ilham banyak keungulan didalamnya selain banyak kegiatan juga ada program pengolahan kulit kerang sebagai pakan ternak, yang awalnya kulit kerang menjadi sampah masyarakat yang sulit terurai dan semakin lama semakin menumpuk, masjid mempunyai ide untuk di jadikan pakan ternak.( Humas )