Pemkab Rembang Raih Penghargaan Kategori Baik di Hari Statistik Nasional 2024

Rembang-Infomuria.com-Pemkab Rembang telah menerima hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2024 dalam acara puncak peringatan Hari Statistik Nasional di Grand Mercure Hotel Jakarta, Kamis (26/9). Dalam hasil EPSS ini Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Kabupaten Rembang mengalami peningkatan dengan kategori baik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Rembang, Drs Ec Gantiarto St menyampaikan, dari hasil EPSS, IPS di Kabupaten Rembang berada pada nilai 2,85 dengan kategori baik. Nilai ini meningkat dari Tahun 2023 dengan nilai 2.01 kategori cukup.

Atas capaian ini, Pemkab Rembang menjadi salah satu dari 88 Kabupaten/Kota yang memperoleh kategori baik dari 514 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Pihaknya sangat bersyukur dan mengapresiasi kinerja seluruh OPD yang terlibat.

“Serta terima kasih juga kepada BPS Kabupaten Rembang yang telah melaksanakan pembinaan statistik dengan baik di Kabupaten Rembang, ” imbuhnya.

Ia menilai capaian ini semakin memacu semangat kinerja khususnya selaku Walidata Kabupaten Rembang untuk melaksanakan tata kelola statistik yang lebih baik lagi ke depan. Harapannya OPD selaku lokus penilaian EPSS mampu mempertahankan dan meningkatkan kinerja yang baik ini.

“Sebagai persiapan di tahun selanjutnya Walidata akan segera mengkoordinasikan bersama Perangkat Daerah, Pembina Data dan Koordinator Forum Satu Data di akhir tahun 2024 ini,” tandasnya.

Untuk diketahui, EPSS yang dilakukan BPS RI bertujuan untuk menilai kinerja penyelenggaraan statistik di Kementerian, lembaga, ataupun Pemerintah Daerah dengan mengukur 5 Domain. Meliputi penerapan prinsip Satu Data Indonesia, Kualitas Data, Proses Bisnis Statistik, Kelembagaan dan Sistem Statistik Nasional.

Lokus penilaian setiap tahun adalah dua kegiatan pendataan yang dilakukan OPD di Pemerintah Daerah pada tahun anggaran n-1. Untuk tahun 2024 ini, kegiatan yang dinilai di Kabupaten Rembang adalah Kompilasi Data Statistik Pertanian Komoditas Perkebunan Kabupaten Rembang dari Dinas Pertanian dan Pangan, dan Pemutahiran, Verifikasi dan Validasi Data Keluarga Berisiko Stunting Kabupaten Rembang dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Keluarga Berencana. 

Sumber : Humas Pemkab