Desa Tegalsambi Raih Juara Ketiga dalam Gelar Desa Wisata Jawa Tengah

Jepara-Infomuria.com-Desa Tegalsambi, Tahunan Jepara berhasil meraih juara ketiga dalam lomba “Gelar Desa Wisata Jawa Tengah” yang dilaksanakan Provinsi Jawa Tengah. Penganugerahan gelar juara tersebut dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Purworejo, Kamis (13/9/2024). Penghargaan diterima langsung oleh Petinggi Tegalsambi, Agus Santoso.

Agus mengatakan, Desa Tegalsambi ditunjuk mewakili Kabupaten Jepara untuk mengikuti lomba Gelar Desa Wisata yang dilaksanakan Provinsi Jawa Tengah.

“Alhamdulillah pertama masuk dalam sepuluh besar, kemudian di tanggal 25 Agustus dilakukan kunjungan dari tim penilai untuk verifikasi lapangan,” katanya, Selasa (17/9/2024).

Dijelaskannya, integrasi potensi alam dan budaya sebagai kunci pengalaman wisata unik di desa Tegalsambi. Adapun potensi-potensi unggulan yang diangkat Tegalsambi dalam ajang perlombaan tersebut di antaranya adalah wisata bahari Pantai Tegalsambi, wisata budaya Perang Obor, wisata edukasi mengukir dan membatik motif khas perang obor, dan juga wisata kuliner ikan bakar dan makanan tradisional kintelan. Tak hanya itu, potensi unggulan lain adalah peternakan kelinci dan produksi pupuk cair biosaka.

“Dari sepuluh besar desa yang masuk kemudian diumumkan lagi dan Tegalsambi masuk dalam enam besar, selanjutnya pas diumumkan kejuaraan alhamdulilah desa Tegalsambi mendapat juara ketiga,” tutur Agus.

Lanjut dia, dikatakannya, desa wisata Tegalsambi juga menawarkan paket wisata dengan harga yang ekonomis. Tak hanya itu, juga disediakan homestay atau inap keluarga dengan suasana pedesaan. Paket wisata yang ditawarkan di dalamnya adalah susur pantai menaiki perahu wisata, wisata edukasi, dan juga wisata kuliner. Agus menuturkan, dengan adanya hal tersebut keberadaan desa wisata mampu meningkatkan kesejahteraan dan memberdayakan masyarakat desa.

Petinggi Tegalsambi tersebut berharap prestasi itu mampu memotivasi desa Tegalsambi ke depannya agar lebih maju dan memotivasi desa-desa wisata lain untuk lebih menggerakkan wisata di Jepara.

“Harapan selanjutnya bisa mengembangkan wisata di Tegalsambi menjadi lebih baik lagi pengelolaannya dan semoga desa Tegalsambi naik _grade_ menjadi desa wisata berkembang, kami juga mengharapkan peran Pemkab Jepara untuk memfasilitasi semacam _agreement_ antardesa wisata, jadi nanti ada kerjasama antardesa wisata sehingga bisa mengembangkan potensi-potensi setiap desa wisata di Jepara,” harapnya.

Sebelumnya, Penjabat Bupati Jepara H. Edy Supriyanta mengapresiasi keunggulan pariwisata desa Tegalsambi. Tidak hanya itu, desa Tegalsambi juga unggul dalam penerapan prinsip antikorupsi. 

Sumber :Humas Pemkab