Meriahkan HUT ke-79 RI, Pawai Pembangunan Blora Jadi Panggung Kreativitas Pelajar

Blora-Infomuria.com-Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST., MM., menyampaikan pawai pembangunan merupakan mometum sinergitas mengasah kreativitas dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia (HUT ke-79 RI) tingkat Kabupaten Blora.

“Pemerintah Kabupaten Blora menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang turut berpartisipasi mempersiapkan pawai pembangunan kali ini sebagai rangkaian kegiatan HUT ke-79 RI. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada peserta yang begitu antusias mengikuti karnaval hari ini, dan mometum sinergitas mengasah kreativitas dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 RI,” kata Wabup Tri Yuli Setyowati saat menyampaikan sambutan pawai pembangunan hari kedua di panggung kehormatan depan Kantor Bupati Blora, Minggu (25/8/2024).

Wabup Blora Tri Yuli Setyowati mengatakan, pada pawai pembangunan hari kedua setelah Sabtu (24/8/2024) dilaksanakan dengan lancar dan meriah, dengan penampilan siswa SMA/SMK/MA/Perguruan Tinggi, Instansi (OPD) dan umum sebanyak 39 peserta, maka pada hari kedua, berdasarkan laporan panitia ada 57 sekolah yang menjadi peserta dari tingkat TK, SD dan SMP atau sederajat se Kabupaten Blora.

“Tentunya saya sangat berterimakasih kepada orang tua dan pihak sekolah yang telah bersusah payah dalam mempersiapkan anak-anak dalam mengikuti pawai pembangunan. Dan melalui kegiatan ini saya juga berharap dapat termotivasi serta mendalami makna perjuangan sekaligus mengingat jasa pahlawan terdahulu, karena perjuangan pahlawan sangat berat dalam merebut kemerdekaan, maka kita wajib menanamkan ingatan untuk berjuang mengisi kemerdekaan ini,” kata Wabup Blora Tri Yuli Setyowati.

Melalui pawai pembangunan itu pula, Wabup Blora Tri Yuli Setyowati berharap, semoga mampu meningkatkan semangat para pelajar, sekaligus melatih kekompakan dan keberanian untuk tampil demi upaya untuk mewujudkan sumber daya manusia, unggul dan berdaya saing dalam meraih cita-cita.

Wabup Blora Tri Yuli Setyowati mengajak kepada warga masyarakat yang menyaksikan supaya menjaga ketertiban, keamanan dan kebersihan demi kelancaran dan kenyamanan semuanya hingga acara selesai.

Pawai pembangunan hari kedua ditandai pelepasan balon udara oleh Bunda PAUD Blora Hj. Ainia Shalichah, SH, M.Pd.AUD, M.Pd.BI., dan pengibasan bendera start oleh Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati., ST., MM didampingi Forkopimda Blora dan sejumlah tamu undangan penting lainnya.

Puluhan sekolah TK, SD, SMP dan sederajat, seolah berlomba mempertunjukkan kreasinya masing-masing di sepanjang rute yang telah ditetapkan, start MD Mall dan finish depan DPRD Blora. Sebagian besar menampilkan keberagaman busana daerah Indonesia, sebagaimana tema besar HUT ke-79 RI, Nusantara Baru Indonesia Maju.

Sementara itu anak-anak yang masih kecil ini tampak imut memakai pakaian adat sembari melambaikan tangan kepada para tamu undangan yang duduk di panggung kehormatan.

Tidak hanya pakaian adat saja, tim pawai dari SD juga menampilkan kesenian lainnya seperti barongan, tokoh wayang, musik Islami, drum band, batik carnival hingga aneka tari kreasi tradisional nusantara, demikian juga peserta dari SMP atau sederajat.

Khusus TK, dalam mengikuti pawai diperkenankan menggunakan kendaraan bak terbuka, sedangkan untuk SD dan SMP sederajat, diharuskan berjalan kaki.

Demi tertibnya acara, pengamanan diperketat oleh petugas dari Polri, TNI, Sat Pol PP dan Dinrumkimhub Blora.

Siti, salah seorang Ibu dari peserta siswa SD mengatakan, sangat mendukung anaknya mengikuti karnaval.

“Senang dan sangat mendukung, saya tadi mengantar anak dan sekaligus juga ikut nonton,” ucapnya sambil tersenyum.

Sementara itu para penjual makanan dan minuman tidak mau ketinggalan. Di tepi trotoar, mereka ikut mremo mengais rezeki.

“Senang sekali, bisa ikut berjualan, alhamdulillah yang laris minuman,” ucap Bambang salah seorang penjual minuman.

Sumber : Humas Pemkab