Bupati Blora Arief Rohman Pimpin Upacara HUT ke-79 RI, Tegaskan Komitmen Lanjutkan Estafet Perjuangan

Blora-Infomuria.com-Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si memimpin upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia (HUT ke-79 RI) di Alun-alun Blora, Sabtu (17/8/2024).

Pengibaran bendera merah putih sukses dilaksanakan oleh Paskibra Blora. Kemudian, Bupati Blora membacakan teks proklamasi. Sedangkan Wakil Ketua DPRD Blora Mustofa, membacakan teks Pembukaan UUD 1945.

Bupati Blora Arief Rohman mengatakan estafet perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan ini sambung menyambung tak kenal putus.

“Semangat perjuangan dan pengorbanan ini menjadi warisan luhur sejarah yang tak kenal padam di tengah hantaman perubahan zaman. Semangat ini pulalah yang harus kita jaga dan warisi dari para pendiri bangsa dan pemimpin bangsa terdahulu,” kata Bupati Blora Arief Rohman dalam sambutannya.

Dikatakan lebih lanjut, pada momentum Hari Ulang Tahun ke-79  Republik Indonesia ini, dengan penuh syukur dan kebanggaan disampaikan bahwa, berkat dukungan seluruh elemen masyarakat, Kabupaten Blora meraih capaian yang membanggakan dan banyak mendapatkan penghargaan, baik dalam skala Provinsi maupun Nasional.

Selanjutnya, komitmen dalam merespon harapan dan tuntutan masyarakat juga terjawab dan terealisasikan melalui pembangunan infrastruktur, fasilitas umum dan ruang terbuka publik seperti ruas-ruas jalan kabupaten, provinsi maupun nasional.

Seluruh capaian itu menunjukkan bahwa sinergi antar-elemen masyarakat merupakan ujung tombak kebijakan pembangunan yang inklusif dan berpihak pada masyarakat.

“Sebagai Bupati, tentunya saya tidak dapat bekerja sendiri, melainkan harus ada dukungan dari semua pemangku kepentingan untuk mewujudkan kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati Blora.

“Untuk itu, dalam kesempatan yang baik ini, perkenankan saya menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran Forkopimda, para sesepuh pinisepuh, TNI, POLRI, Kepala OPD, para ASN, teman-teman Ormas, rekan-rekan media, stakeholder terkait dan seluruh warga masyarakat Kabupaten Blora atas komitmen, kerja keras dan kerjasamanya dalam mendukung fungsi pemerintahan daerah yang proaktif, responsif, dan efektif,” ungkapnya.

Semoga berbagai capaian positif yang telah terwujud saat ini dapat terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan, di masa-masa mendatang.

Tak lupa, Bupati Blora Arief Rohman memohon maaf, pada masa kepemimpinan bersama Wakil Bupati, Tri Yuli Setyowati, ST., MM., selama lebih kurang 3,5 tahun, masih ada PR-PR pembangunan yang belum terselesaikan dan perlu terus diperjuangkan bersama.

“Kita adalah bangsa yang besar, dan Kabupaten Blora ini dikaruniai kekayaan dan keberagaman. Potensi ini harus kita jaga dengan sepenuh hati, kita kelola dengan nurani, pikiran dan tindakan, demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Blora. Pada hari ini, tanggal 17 Agustus 2024, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, hendaklah kita bersyukur ke hadirat Allah SWT atas berkah-rahmat kemerdekaan yang telah dilimpahkan kepada bangsa Indonesia,” tegasnya.

Sesuai dengan Tema Besar Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia yakni: “Nusantara Baru Indonesia Maju”, mari kita bersatu padu, bahu membahu agar dapat terus melaju bersama menggelorakan semangat perjuangan dan pembangunan menuju Indonesia Maju serta menyongsong Indonesia Emas 2045.

Mengakhiri sambutan, Bupati Blora meneriakkan pekik kemerdekaan diikuti semua peserta upacara.

Pelaksanaan upacara tingkat Kabupaten Blora juga disiarkan secara langsung melalui channel YouTube Dinkominfo Blora, diikuti oleh pleton TNI, Polri, PNS, Satpol PP, Linmas, PGRI, Organisasi Masyarakat, Mahasiswa, OSIS SMA dan Pramuka. Mantan pejabat Blora, veteran, tokoh masyarakat dan PKK/DWP juga hadir pada acara tersebut.

Sedangkan Komandan Upacara Kapten Infanteri Agus Supriyanto,S.IP., Pasi Ops Kodim 0721/Blora, dan perwira upacara Lettu Kav. Lilik Suprihatin, Pasi Pers Kodim 0721/Blora.

Sementara itu tim medis baik dari Dinkes dan PMI Blora siaga untuk mememberikan pertolongan kepada peserta upacara bila ada yang tidak sehat.

Sumber : Humas Pemkab

Sebagai acara tambahan Bupati Blora Arief Rohman didampingi Forkopimda Bora, menyerahkan penghargaan satyalancana karya satya kepada sejumlah Pegawai ASN di Pemkab Blora.

Penghargaan satyalancana karya satya 10 tahun diberikan kepada Denny Adhiharta Setiawan, ST., MT., dari Dinrumkimhub Kabupaten Blora.

Kemudian, penghargaan satyalancana karya satya 20 tahun, diberikan kepada Tri Handayani, S.Pd., M.Pd, dari SMPN 2 Blora.

Selanjutnya penghargaan satyalancana karya satya 30 tahun diberikan, Edy Widayat, S.Pd., M.Kes., MH, dari Dinas Kesehatan Kabupaten Blora.

Penghargaan juga diserahkan kepada peserta dengan peringkat terbaik pada pelaksanaan orientasi PPPK Kab. Blora tahun 2024 kepada Nasrudin, S.Pd., Guru Ahli Pertama SDN 1 Adirejo Kecamatan Tunjungan.

Selain itu juga diserahkan penghargaan kepada desa mandiri kepada Supari Kades Mendenrejo Kecamatan Kradenan dan Ngatman, S.Sos., Kades Sogo Kecamatan Kedungtuban.

Bersamaan dengan itu juga dilakukan pemberian remisi kepada sejumlah warga binaan Rutan IIB berdasarkan surat izin keluar rutan Kementerian Hukum dan Asasi Manusia Republik Indonesia.