Dialog Alumni 1987 : Potensi Jepara dan Kemandirian Menuju Kesejahteraan

Jepara-Infomuria.comBincang hangat lulusan tahun 1987 SMA Negeri 1 Jepara, di LPPL Radio Kartini, Sabtu (24/6/2023). Para alumni angkatan ini membaca potensi Bumi Kartini yang masih bisa melejit.

Alumni sekaligus narasumber dalam dialog interaktif ini, Sekda Edy Sujatmiko, Yunus Darmono, dan Rahmat Hidayat. Acara tersebut dipandu Kepala Diskominfo Arif Darmawan.

Lulusan SMA Negeri 1 Jepara ini membahas formula tepat demi mewujudkan kemandirian daerah, dan kesejahteraan masyarakat.

Dikatakan Sekda Edy, salah satu aspek untuk pengembangan Jepara ialah alat komunikasi dan akses transportasi. Hal itu pun bisa menggaet investor untuk menanamkan modal. Pihaknya pun terus mencari pemodal, di antaranya menghadirkan jalan tol. “Kita masih terus menjalin komunikasi dengan kementerian terkait, dan calon investor, ” ujarnya.

Bagi Edy, aspek tersebut diyakini bisa menjadi daya ungkit bagi Jepara. Mulai mendongkrak industri asli daerah, hingga memacu kunjungan pariwisata. Baragam _event_ yang rutin diselenggarakan pun mampu jadi magnet, hadirnya efek berganda untuk perekonomian.

Di sisi lain, dorongan terus perlu diarahkan pada sektor pendidikan. Termasuk melengkapi dengan teknologi informatika. Terlebih proses pembangunan Jepara kini telah didukung dengan program kota cerdas. “Kita selalu pacu aspek ini demi kemajuan Jepara,” kata dia.

Muara SDM dari sektor itu juga harus didukung peluang kerja ataupun penasaran produk. Sinergisitas multi-pihak diperlukan demi mendongkrak produktivitas.